(UWG,12/12/2020). Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyagama Malang, tepat ditanggal dan bulan yang cantik (12/12/2020) mengadakan Webinar dengan tema “Business Tactics, How to Build and Manage Start Up Business”. Acara yang dimoderatori oleh Della Andriani dari divisi P3K HMJM ini diikuti oleh 181 peserta dari jumlah pendaftar sejumlah 282 peserta, yang berasal dari Mahasiswa, pelaku usaha (UMKM), SMA/SMK dan akademisi.

Ditengah pandemi covid-19 sekarang ini, tidak menyurutkan semangat HMJM untuk melaksanakan kegiatan yang sudah diagendakan dalam program kerjanya. Webinar tentang strategi bisnis (Business Tactics) ini menghadirkan narasumber yang berkompeten yakni; “Eny Zuhrotin Nasyi’ah, SE.,MSi.,Ak.,CPA”., (Dosen FEB UNISMA, Praktisi di KAP Buntaran dan Lisawati Owner Butik Mode of 2m), dan “Dapin Narendra, S.TP.” (Owner/CEO Chizzu Keju Mozarella Malang).
Mustofah, ketua HMJM FEB UWG yang dihubungi via whatsapp, menyampaikan bahwa webinar ini bertujuan selain memberikan wawasan dan pengetahuan mahasiswa jurusan manajemen, juga bertujuan bagi pelaku UMKM untuk bisa lebih mengembangkan usahanya menjadi lebih besar dan produknya dapat di ekspor keluar negeri.
Strategi menentukan tujuan secara keseluruhan, hal ini merupakan rencana keseluruhan untuk bisnis yang diinginkan. Taktik, hal konkret yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam strategi bisnis. Adalah rencana dan sumber daya khusus yang akan digunakan untuk mencapai tujuan. Taktik mencakup rencana pemasaran dan penjualan, tim yang akan melaksanakan rencana bisnis.
Bagaimana Mengetahui Taktik Bisnis, Mewawancarai calon pelanggan, membangun versi dasar produk Anda, atau bahkan melakukan kampanye Kickstarter adalah cara yang bagus untuk mengetahui apakah ide Anda akan berhasil. Saat Anda berbicara tatap muka dengan calon pelanggan, Anda akan mengetahui cara terbaik untuk memasarkan dan menjual produk Anda. Pengetahuan ini akan menjadi dasar yang baik diperlukan untuk mengetahui taktik untuk mendukung strategi bisnis.
Taktik sebagai bagian dari Rencana Bisnis Lean. Saat menambahkan taktik ke strategi itu, mulailah dengan sederhana dan fokus pada penjualan, pemasaran, tim, dan sumber daya utama yang diperlukan untuk membuat bisnis Anda berhasil. Dengan Lean Business Plan, Anda ingin membuat daftar taktik Anda pendek dan sederhana, terutama di hari-hari awal membangun perusahaan Anda. Sangat mudah untuk berhenti memikirkan setiap hal yang Anda perlukan atau ingin lakukan untuk memulai bisnis Anda.
Itulah cuplikan yang disampaikan oleh narasumber dalam w ebinar “Business Tactics” oleh HMJM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Widyagama Malang, yang telah dilaksanakan pada sabtu 12-12-2020 dan dibuka secara langsung melalui zoom meeting oleh Dekan FEB UWG, Dr. Ana Sopanah, SE.,MSi.,Ak.,CMA.,CIBA.
Selamat dan sukses kepada HMJM FEB UWG. (san/pip)



