Kopi saat ini menjadi Trend baru yang semakin terkenal, utamanya bagi kalangan generasi Millenial. Sehingga ada penanaman gengsi generasi muda “Nggak ngopi, nggak Hits”, begitu pernyataan sebagian besar kalangan muda. Inilah yang menjadi alasan diselenggarakannya kegiatan Food Creative Competition. Kegiatan tersebut dikhususkan untuk SMA/SMK/MA Se-Jawa Timur sebagai salah satu kegiatan dalam Agriculture Youth Festival fakultas Pertanian Universitas Widyagama Malang, dalam rangka memeriahkan Dies Natalies UWG ke-50 tahun. Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut yaitu “Pemanfaatan Kopi Dalam Diversifikasi Aneka Kudapan”. Selain hanya di seduh, kopi juga dapat dikreasikan dalam bentuk olahan pangan, salah satunya adalah kudapan.
Kompetisi ini diselenggarakan secara daring dengan media Instagram, serta kreativitas menjadi salah satu parameter penilaian. Tantri Indriani yang anggota dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanan (HMJ HIMATEKHPA) menerangkan bahwa acara tersebut dibuka dengan tahap pendaftaran pada 6 Februari 2021 sampai dengan 20 Maret 2021. Proses penjurian dilakukan secara daring dengan Media Aplikasi Zoom, dengan dihadiri 3 juri yakni, Ir. Enny Sumaryati, M.P., Dr. Ir. Moh. Su’i, M.P., Frida Dwi Anggraeni, STP. M.Sc. serta didampingi oleh Pembina kegiatan sekaligus Kaprodi THP yakni Ir. Sudiyono, MP.
Melalui penilaian secara selektif dan ketat, terpilihlah 3 juara umum yang diraih oleh SMKS Putra Indonesia Malang dengan olahan Granolla Coffee Bar (Juara 1), SMAN 1 Pamekasan dengan olahan ongol-ongol Coffee (Juara 2), SMAN 1 Ngunut dengan olahan Pudding Coffee (Juara 3). Dengan tambahan 3 juara favorit yang dinilai berdasarkan banyaknya like di unggahan postingan lomba yaitu, SMKN 2 Mabadi’ul Ihsan Tegalsari, SMKN 2 Tegalsari, SMAN 2 Lamongan. Dan penghargaan akan diumumkan secara serentak melalui kegiatan Awarding Festival yang akan ditayangkan pada 27 Maret 2021. Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang bergengsi yang dapat memacu semangat generasi muda utamanya SMA/SMK/MA se jawa Timur dalam berkompetisi, serta menjadi ajang promosi Universitas Widyagama Malang. (san/pip/red:rtn)



