Berbicara tentang data science, sejak awal kemajuan teknologi digital data science hadir untuk memudahkan kehidupan manusia. Data science sendiri sudah banyak di implementasikan diberbagai macam bisnis salah satunya adalah bisnis retail. Dengan penggunaan model yang tepat, Teknologi digital dapat membantu bisnis retail mengumpulkan data data pelanggan yang berharga. Data tersebut nantinya dapat dijadikan insight untuk mecapai keunngulan kompetitif.
Melihat pentingnya data science pada bisnis retail, Sabtu 8 Mei 2021, Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) UWG menggelar webinar dengan tema “Mengenali Data Science pada Bisnis Retail”. Webinar yang dilaksanakan melalui via zoom ini, menghadirkan pembicara hebat yang berkompeten dibidangnya yaitu Tantut Wahyu Setyoko. Selain itu webinar ini berlangsung sangat meriah dengan dihadiri 300 peserta yang hadir dari berbagai kalangan diantaranya Mahasiswa, Pengusaha, dan Masyarakat umum.
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UWG, Dr. Ana Sopanah SE.,MSi.,AK.,CA yang pada kesempatan ini membuka acara webinar menyampaikan bahwa data science ini sangat penting dan perkembangannya juga luar biasa. Masa pandemi, meningkatnya bisnis digital dan tentu membutuhkan big data. Big data ini tidak ada artinya jika tidak di analisis. “Dengan adanya webinar ini, kita dapat belajar bersama-sama bagaimana agar data kita bernilai, karena jika kita punya usaha kita harus tau apa keinginan konsumen” Ujar Ana Sopanah.
Pada kesempatan ini, Tantut Wahyu Setyoko selaku pemateri menyampaikan hal yang dapat menghasilkan data. Salah satunya yaitu E-Commerce. Di era pandemic ini industry e-commerce ini sangat meningkat karena setelah dilihat datanya masyarakat cenderung lebih senang berbelanja online, karena banyak memberikan promo yang menarik seperti free ogkir, diskon 11.11, diskon dirumah aja, dll. Selain itu industry pembelajaran online juga mengalami peningkatan. Karena setelah diamati ternyata industry ini menghasilkan data yang sangat menguntungkan. Kemudian ndustry industry yang berhubungan dengan media sosial juga menghasilkan data yang sangat luar biasa besar sehingga muncullah yang namanya Big Data. Big Data ini nantinya bisa di olah dengan menggunakan ilmu data yaitu data science.
“Saat ini banyak perusahaan yang down atau yang up di kondisi sekarang ini. Kita tidak bisa menyalahkan kondisinya, tetapi yang harus berjuang disini adalah pemilik usaha bagaimana agar mampu menganalisa data, sebenarnya customer masih membutuhkan apa dibisnis yang kita jalankan. Hal seperti ini adalah keputusan yang dihasilkan akibat adanya data. Misalkan jika industrynya turun, perlu dilihat yang turun ini sektor yang mana, apakah semua sektor atau ada sektor yang sebenarnya masih bisa di up. Akhirnya industry bisnis tetap bisa kompetitif di era pandemi ini.” Jelas Tatut
Pada webinar ini pemateri juga menyampaikan terkait pentingnya data science. Menurutnya, apapun keputusan yang dibuat itu berdasarkan data, misalnya pada saat terjadinya pandemic Covid-19 ternyata industry masker mengalami peningkatan penjualan dan itu dibuild berdasarkan data dan kondisi. Tetapi sebagai praktisi data harus melihat lingkungan yang mendukung adanya peningkatan penjualan. (san/pip/red:delfi)



